Minggu, 08 Desember 2013

Praktikum!

Halo blogy long time no cuap2 nihh.. Ohya sekarang gua kuliah di Universitas Brawijaya Malang. Ya merantau gua hikss, but that's no problem. I'm enjoyed in here, meskipun ya kalo kata orang jawa sih rodo2 stres (gatau bahasa jawanya stres wkwk). Jadi di UB gua ngambil Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Prodi Teknologi Hasil Perikanan. Keren kan? keren dong B-) secara gitu Indonesia itu Negara Maritim.. hahaha, btw prodi gua itu kalo disingkat THP ya bisa Teknologi Hasil Pertanian (Impian gua dulu, tapi.. sudahlah^^) kalo di fakultas gua tuh singkatan THP itu Tiap Hari Praktikum. Yeah that's right! di semester 1 ini ada 3 mata kuliah yg ada praktikumnya. Yaitu Biologi Perikanan, Ichtyologi, dan Dasar-dasar Akuakultur. Dan kalian tau kan setiap praktikum pasti ada laporannya? Nah itu yg bikin stres :'))

Ini dia laporan Bioper. Udah kayak Skripsi belum?!


Dari 3 mata kuliah yg tadi gua sebutin, laporannya tuh yang paing tebel ya Biologi Perikanan-_- udah tulis tangan, tebel pula x_x kira2 itu laporan kelar 2 bulanan.. Jadi Praktikum Biologi Perikanan itu mencangkup 6 bab, dan 2 kali praktikum. Praktikum pertama terdiri dari Seksualitas, Tingkat Kematangan Gonad, Food and Feeding Habit, dan Hubungan Panjang dan Berat. Sebelum kita praktikum tuh ada tiket masuknya, yaitu harus ada buku panduan, sama ngerjain laporan bab 1-3 yaitu pendahuluan-metodologi. Dan kebetulan Praktikum Bioper itu adalah praktikum pertama yg kita jalani, jadi masih belum tau cara menulis laporan yg baik, sampe2 laporannya harus direvisi :')) dicoret2 sama aspraknya (Asisten Praktikum) bah bikin down sih, tapi ya mau gamau ya kita revisi sampe bener. Setelah revisi, kita praktikum nah setelah praktikum itu Acc. Diperiksa sama Aspraknya gituu, tapi untungnya Asprak Kelompok gua itu Kak Adis :) Orangnya baik banget, gokil laagi hahah jadi ya acc ga tegang2 amat dibawa enjoy aja. Malah setiap abis acc pasti kita gosip2 lucu(?) wkwkk. Dan Alhamdulillah kelompok gua dapet nilai 80 :') itu nilai tertinggi praktikum eaaea *pamer* wkwk

Setelah Praktikum pertama selesai, jarak ke praktikum kedua itu sekita 2 minggu atau berapa gitu gua lupa. Praktikum kedua itu materinya Fekunditas, dan Awal Daur Hidup. Kelompoknya diubah dan itu ditentuin sama para asisten-_- dan aspraknya diganti, kelompok gua itu sama Kak Aya, sumpah setiap praktikum dia tuh jutek bngt tapi ternyata pas acc orangnya baik banget :')) kelopok gua dpt nilai 80 lagi;;). Ya seperti biasa ngerjain tiket masuk laporan bab 1-3. Dan Alhamdulillah revisinya dikit gara2 udah mulai terbiasa nulis laporan :')). Dan Kalian harus tau! Praktikum kedua itu nginep cooy! nunggu telur ikan sampe netes wkwk. Jadi kita dibagi kelompok besar, dan setiap kelompok besar dibagi shift2nya untuk ngamatin telur, dan gua memilih ngamatin pas jam 20:30 pada saat itu telur ikannya masih dalam fase blastula. Ohya setiap praktikum pasti ada pretest dan post test kan? nah gua pas praktikum kedua ini ngulang pretest sampe 3 kali :'')) gila kan?! sampe jam 10 malem kali gua masih pretest ulang gara-gara nilainya jelek-_- wkwk. sampe gua hafal tuh materinya.. Tapi berkat pretest ngulang 3 kali gua lancar jawab soal post test yang super duper banyak dan gokil karena gua udah hafal itu materi :'') yaiyalah secara gitu NGULANG 3 KALI COY!! wkakakka, ada hikmahnya juga sih.. Ohiya btw paling seru yang ngamatin pas fase gastrula tuh, katanya pas diamatin di mikroskop gerak2 gituu u,u Dan pada akhirnya telurnya menetas :'D tapi di kelompok gua dari 1163 telur yang ditebar yang menetas cuma 6:(. kasian telur2 yg gak netes u,u. pokoknya unforgettable bngt deh praktikum Bioper :'))


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar